Review Dynasty Warriors 7: Empires

Write by Andy Chan – VGI
 
Setelah mengeluarkan Dynasty Warriors 7 berikut ekspansinya Dynasty Warriors 7: Xtreme Legends, kini Tecmo Koei kembali mengeluarkan sebuah spinoff dari seri ketujuh tersebut, yaitu Dynasty Warriors 7: Empires. Inilah game Empires pertama yang eksklusif untuk PlayStation 3.
Image
Musou Attack oleh karakter buatan sendiri.
Empires merupakan sebuah game hybrid antara game strategi Romance of the Three Kingdoms dan gameaction Dynasty Warriors, dimana game tersebut tidak memberikan sebuah cerita yang pasti, melainkan hanya memberikan skenario saja untuk kita selesaikan.
Sejak diperkenalkannya seri Empires di Dynasty Warriors 4, seri ini selalu berubah-ubah dan pada Dynasty Warriors 7: Empires, Tecmo Koei telah memberikan apa yang boleh disebut sebagai evolusi yang paling mendekati game strategi Romance of the Three Kingdoms.

Inilah the next emperor of China
Tersedia enam skenario untuk dimainkan, yaitu Yellow Turban Rebellion, The Alliance Against Dong Zhuo, Battle of Guandu, Battle of Chibi, Coup d’etat dan A Gathering of Heroes. Kelima skenario pertama adalah skenario yang diambil dari kisah Romance of the Three Kingdoms, sementara A Gathering of Heroes adalah kisah yang benar-benar original dimana kerajaan yang ada sudah dirandomisasi dan bisa kita kustomisasi sesuka hati.
Pada masing-masing skenario kecuali A Gathering of Heroes, kita akan bisa berperang dalam Event Battleseperti Yellow Turban Rebellion di skenario Yelow Turban, Battle of Hu Lao Gate di The Alliance Against Dong Zhuo dan seterusnya.

Karakter baru khusus untuk Dynasty Warriors 7: Empires, Xu Shu.
Di awal permainan, kita harus memilih karakter utama yang akan kita kendalikan. Pilihan karakter yang tersedia selain 66 karakter unik termasuk di antaranya adalah karakter baru khusus Empires, Xu Shu, tersedia juga ratusan karakter lain yang generik seperti Xiahou Mao, Liao Hua, Lu Su bahkan Wen Yang. Selain itu kita juga bisa menciptakan sendiri karakter untuk kita mainkan di game ini.

Strategi phase, mirip dengan game Romance of the Three Kingdoms.
Ada tiga macam peran yang bisa kita lakukan dalam game ini, yang pertama adalah sebagai vagabond atau free officer dimana kita bisa mengumpulkan teman dan mencoba untuk mendirikan sendiri kerajaan. Yang kedua, kita juga bisa ikut dengan kerajaan yang sudah ada, misalnya jika ingin mendukung Wu untuk menguasai China, tinggal minta ikut dan menjadi anak buah Sun Jian.

Cutscene ketika seorang karakter diangkat menjadi strategist (contoh di sini adalah Zhou Yu).
Yang terakhir adalah berperan sebagai seorang ruler dimana kita memiliki sendiri sebuah kerajaan dan mencoba untuk menguasai China. Ketiga mode itu berkesinabungan, karena kita bisa mulai sebagai free officer, ikut Cao Cao, memberontak dan mendirikan kerajaan sendiri sampai akhirnya menjadi Emperor dan menguasai China.
Tidak seperti Dynasty Warriors dimana kita hanya perlu berperang saja, pada seri Empires kita harus memikirkan juga kondisi kerajaan. KIta harus mengatur sumber daya yang kita miliki, merekrut karakter, melakukan diplomasi, menentukan mau menyerang daerah mana dan bertahan dari serangan lawan. Ada juga berbagai random events dimana kita harus mengambil keputusan.
 
 

Mengunjungi kota untuk membeli senjata, hewan, item, kustomisasi, dan sebagainya.

Gameplay ketika bertarung di medan perang tetap menggunakan engine Dynasty Warriors 7, dimana para karakter bisa menyerang, melakukan charge attack serta mengeluarkan jurus maut “Musou” pada ribuan musuh yang menyerbu kita. Jika kita adalah ruler atau marshall, maka kita akan bisa memberikan perintah kepada anak buah kita di medan perang, seperti menyuruh mereka menjaga base atau menyerang lawan. Sayang AI teman diEmpires terbaru ini masih sama dengan Empires sebelumnya, cenderung kalah apabila tidak kita bantu.


Tetap menggunakan engine Dynasty Warriors 7

Baru untuk Dynasty Warriors 7: Empires adalah fitur Fame dan Stratagem. Setiap karakter kini memiliki enam buah Fame stats yaitu Brave, Wise, Kind, Orderly, Affluent dan Evil. Semakin tinggi level Fame kita, maka kita akan bisa menggunakan Stratagem yang disediakan di stratagem-tree pada Fame tersebut.


Zhuge Liang menggunakan stratagem.

Ada banyak macam Stratagem yang bisa kita gunakan tergantung dari level Fame yang dimiliki oleh karakter tersebut. Pada Fame Brave, kita akan bisa menggunakan stratagem yang meningkatkan status serangan karakter kita, sementara pada Fame Wise, kita akan bisa menggunakan taktik untuk menghancurkan lawan seperti menggunakan Flood Attack, Pitfall, Inferno dan sebagainya.


Stratagem Wise biasanya diiringi dengan cutscene.

Fame Kind berguna untuk melakukan healingFame Orderly berguna untuk menggunakan taktik pasukan, sementara Fame Affluent memiliki berbagai stratagem untuk membangun, seperti membangun catapult base, membangun defense turret dan berbagai bangungan berguna lainnya. Terakhir, dengan Fame Evil, kita bisa menggunakan stratagem yang menghancurkan diri sendiri, lawan dan teman sekaligus.
Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah Dynasty Warriors (kecuali Dynasty Warriors Online), jika karakter kita sampai kalah ketika bertarung karena HP-nya habis, maka kita akan respawn di markas.
Dynasty Warriors 7: Empires kembali membawa fitur eksekusi yang sempat hilang di Dynasty Warriors 6: Empires.Ketika kita berhasil menangkap karakter lawan, maka kita bisa merekrut mereka, melepaskan mereka atau memenggal kepala mereka.
Selain mati dipenggal, karakter dalam game ini juga bisa mati apabila mereka terus-terusan kita bawa perang padahal status mereka “Injured“. Injured terjadi apabila mereka kalah perang, dan mereka harus istirahat beberapa waktu sebelum bisa dibawa perang lagi tanpa resiko mati.


Zhu Rong kembali mendapatkan senjata bumerang dari Dynasty Warriors 5

Empires juga kembali merubah senjata yang dibawa oleh beberapa karakter sehingga membuat mereka lebih unik lagi. Huang Gai kini membawa Arm Blade (semacam perahu), Cao Ren kini membawa kembali Spiked Shield dari Dynasty Warriors 5, Da Qiao kini membawa senjata Pugil Stick (Magical Girl Wand), Sima Shi kini membawa Lightning Sword, Ding Feng membawa Circle Blade, Zhurong kembali mendapatkan bumerang dariDynasty Warriors 5, dan Xiahou Ba kini membawa Siege Spear.


Siege Spear, alias Gunlance atau mungkin lebih tepat disebut Rocket Lance.
Dynasty Warriors 7: Empires tetap menggunakan grafis yang sama dengan Dynasty Warriors 7. Terkadang terjadiframerate drop, musuh yang popout dan tentu saja, karakter yang suka menghilang di tengah kerumunan pasukan. Tidak ada improvement dibandingkan dengan Dynasty Warriors 7 dan Xtreme Legends.
Tapi Dynasty Warriors 7: Empires memiliki soundtrack cukup lengkap dari game-game sebelumnya (Dynasty Warriors 2 sampai dengan Dynasty Warriors 6) berikut dengan soundtrack Dynasty Warriors 7. Sayang yang disediakan kali ini hanya battle soundtrack saja, tidak selengkap lagu pada Dynasty Warriors 6: Empires.
Voice acting pada game ini menggunakan voice berbahasa Jepang, dan kedengaran lebih native daripada suara kaku berbahasa Inggris. Untuk Dynasty Warriors 7: Empires, sama seperti Warriors Orochi 3, tidak disediakanvoice track berbahasa Inggris.
Dynasty Warriors 7: Empires juga bisa dimainkan secara co-op, baik online maupun offline split-screen. Selain bermain co-op, kita juga bisa berbagi karakter buatan kita dengan orang lain secara online, sehingga ketika kita bermain Empires, akan ada banyak karakter buatan orang yang menjadi populasi di game yang sedang kita mainkan.

Character creation yang cukup mendetail.
Dynasty Warriors 7: Empires juga memiliki Edit Mode yang cukup baik, dimana kita bisa mengkustomisasi hampir seluruh bagian dari karakter kita, mulai dari wajah, badan, sampai ke kostum dan moveset karakter. Kita bisa memilih moveset, EX move, dan dua buah Musou.
Yang paling unik, ada fitur untuk menggantikan karakter in-game dengan karakter buatan kita, jadi jika ingin menciptakan Lu Su sesuai bayangan kita, Lu Bu dirubah menjadi perempuan, atau bahkan mengganti Zhuge Liang dengan karakter lucu seperti di bawah ini, tidak akan ada yang melarang.

Ya, inilah design “Zhuge Liang” yang baru.
Dengan adanya skenario yang random dan fully customizable bernama “A Gathering of Heroes”, maka sama seperti game strategi Romance of the Three Kingdoms, setiap kita memainkan ulang Dynasty Warriors 7: Empires, kita akan menemukan sebuah game yang selalu berbeda dengan game yang kita mainkan sebelumnya.
Tecmo Koei telah berhasil merubah Dynasty Warriors seri Empires dari sebuah game yang ‘mirip’ game strategiRomance of the Three Kingdoms menjadi benar-benar mendekati seri strategical simulation Romance of the Three Kingdoms.

Dengan character creation yang mendetail, kita bisa secara kreatif merubah sejarah China.
Tentu saja, tidak semua orang suka dengan spinoff seperti ini, karena game ini boleh dibilang cukup kompleks dan tidak cocok bagi mereka yang hanya ingin membantai ribuan musuh tanpa perlu berpikir. Namun bagi penggemar Romance of the Three Kingdoms, terutama Romance of the Three Kingdoms VIII dan X dan ingin game bertipe seperti itu dengan action ala Dynasty Warriors, inilah game yang tepat untuk kalian. (ZBT)

VGI RATINGS FOR DYNASTY WARRIORS 7: EMPIRES

9.0 GameplayStrategi ala Romance of the Three Kingdoms dengan perang ala Dynasty Warriors.
7.5 GraphicMasih tetap menggunakan grafik seperti pada Dynasty Warriors 7, lengkap dengan berbagai graphical glitch yang sama.
9.0 SoundVoice acting berbahasa Jepang dengan lagu-lagu yang cukup lengkap dari game-game sebelumnya.
10 LongevityDengan adanya skenario random dan character creation menjadikan game ini setiap dimainkan ulang selalu berbeda dari apa yang sudah kita mainkan sebelumnya..
8.9 (Awesome)
OVERALL

Demikian review yang diperoleh dari VGI. Rating 8.9 dari 10 ini menununjukkan game ini layak dimainkan oleh para Gamers. Silakan kunjungi DollyKidz.com untuk membeli Game ini dengan harga spesial.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: