REVIEW NI NO KUNI: WRATH OF THE WHITE WITCH – PS3

by Remy Fabian – VGI

Gelap, berdarah, kustomisasi, pilihan moral, dan jalan cerita yang bercabang. Itu adalah beberapa elemen minimum yang diminta oleh pasar RPG di era sekarang. Meskipun begitu, fakta itu tidak memupuskan niat Level-5 untuk mempersembahkan Ni No Kuni: Wrath of the White Witch, sebuah RPG bergaya khas Jepang yang indah, berjiwa, dan akan menyedot perhatianmu selama hitungan jam yang tidak terhitung lagi.

Seperti kebanyakan anak muda di JRPG, Oliver adalah sosok yang ditakdirkan untuk menyelamatkan dunia. Ia tinggal di Motorville, sebuah kota yang damai dimana keramahan dan senyuman bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan. Meskipun petualangan ini akan membawa Oliver ke dunia paralel, kota ini tetap memiliki peran yang cukup besar.

 Ni No Kuni: The Wrath of White Witch

Oliver bukanlah tipikal jagoan pada umumnya. Ia merupakan anak yang baik, naif, dan penuh energi. Alas, semuanya sempat berubah ketika ibunya meninggal dunia. Tetapi harapan itu tetap ada – ternyata sang ibu memiliki soul mate bernama Alicia the Great Sage yang kini disekap oleh Shaddar, penguasa dunia paralel. Bagi Oliver, mengalahkan Shaddar merupakan satu-satunya jalan untuk menyelamatkan ibunya di dunia nyata. Tetapi bagi penduduk dunia paralel, takluknya Shaddar berarti keselamatan.

Dimulailah petualangan Oliver yang berhati murni –  tetapi patah karena tragedi yang menimpanya – di dunia paralel. Disampingnya ada Drippy, sosok peri yang memberikan elemen komik dan humor ke dalam kisah ini. Namun, sidekick yang setia itu tidak akan banyak terlibat di medan pertempuran karena Oliver akan dibantu olehfamiliar.

 Ni No Kuni: The Wrath of White Witch

Pet system a la Pokemon menjadi salah satu daya tarik judul ini dimana Oliver memiliki familiar untuk membantunya dalam battle. Kamu diperbolehkan untuk menangkap dan menyimpan hingga 400 familiar yang terbagi atas beberapa tipe yang berbeda. Namun, secara keseluruhan, mereka dapat dibagi berdasarkan fungsi:meleemagic, dan support.

Setiap familiar dapat berevolusi – atau disebut sebagai proses metamorphosis – hingga dua kali. Untuk melakukan ini, mahluk yang dimaksud harus mencapai level tertentu dan diberikan drop. Tergantung dengan tipenya, setiap familiar membutuhkan jenis drop yang berbeda-beda untuk berevolusi. Meskipun evolusi memberikan potensi dan kemampuan yang lebih kuat dan banyak dibandingkan sebelumnya, melakukan ini juga harus dibayar dengan kembalinya familiar ke level pertama sekalipun sudah menginjak level 50 ketika melakukannya.

 Ni No Kuni: The Wrath of White Witch

Battle dimulai seketika kamu meyentuh lawan yang terlihat di peta. Game ini mengadopsi Active Time Battle System dimana lawan tetap aktif ketika kamu sedang memikirkan pergerakkanmu. Setiap karakter diperbolehkan untuk membawa hingga tiga familiar dalam setiap pertarungan, dan pertukaran diantaranya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Setiap familiar memiliki stamina yang menentukan durasi ketahanan mereka di medan pertempuran. Apabila habis, maka familiar lain harus menggantikannya sambil menunggu stamina terisi kembali.

Seperti kebanyakan RPG, HP dan MP juga menjadi salah satu elemen penting pada judul ini. Sebagai tambahan, Drippy dan musuh yang kamu taklukkan akan menjatuhkan orb berwarna hijau dan biru yang masing-masing dapat menambahkan HP dan MP. Seperti biasa, habisnya HP seluruh party akan berakibat game over. Ketika ini terjadi kamu akan dihadapai oleh dua pilihan: melanjutkan permainan tanpa kehilangan apapun yang sudah dicapai setelah terakhir kali melakukan save game dengan membayar 10% dari jumlah uang yang dimiliki atau keluar ke menu utama.

 

Meskipun misi utama Oliver adalah menyelamatkan Alicia the Great Sage agar dapat bertemu kembali dengan ibunya, itu bukan berarti game ini minim akan side-quest. Ada dua objektif sampingan yang dapat kamu lakukan, yaitu errand dan bounty. Hadiah menyelesaikannya berupa stamps yang berguna untuk mengisi merit. Setiap beberapa merit yang terkumpul dapat ditukarkan oleh sejumlah bonus berupa fitur atau kemampuan tambahan.

Errand menonjolkan sisi naif dan baik Oliver dimana ia selalu siap untuk menolong orang-orang demi menciptakan suasana damai di dunia paralel. Objektif yang paling menonjol dan dominan adalah menyembuhkan ‘patah hati’ dimana Oliver diharuskan untuk ‘mengambil hati’ dari orang tertentu dan memindahkannya ke yang membutuhkan. Sedangkan bounty mengharuskan kamu untuk mengalahkan mahluk unik yang tersebar di seluruh wilayah.

 Ni No Kuni: The Wrath of White Witch

Berbicara mengenai wilayah di dunia paralel, Ni No Kuni menghadirkan fitur yang sudah lama absen dari dunia RPG: world map. Dunia game yang terhitung luas ini terbagi atas beberapa wilayah yang bervariasi. Seiring dengan petualanganmu, Oliver dapat menjelajahi semua wilayah menggunakan beberapa transportasi yang bervariasi, termasuk fast travel dari kota ke kota.

Magic memiliki peran yang sangat penting pada game ini. Tidak hanya sebagai pendukung pada battle saja, tetapi magic juga menjadi elemen keseharian Oliver. Kamu akan menggunakannya untuk menyelesaikan sejumlah side-quest, memecahkan puzzle, atau bahkan untuk membuka jalan demi melanjutkan petualangan.

 Ni No Kuni: The Wrath of White Witch

Salah satu keunggulan Ni No Kuni adalah visual, dimana Level-5 telah berkolaborasi bersama Studio Ghibli untuk mempersembahkan dunia yang penuh warna, manis, dan menawan. Penggemar Ghibli pasti sudah tidak asing lagi dengan ciri khas animasi hand-drawn yang dapat dilihat pada FMV dan bentuk karakter yang sangat unik dan bervariasi. Ketika memasuki in-game graphics, semua itu ditampilkan menggunakan gaya cell shading yang tetap terlihat indah.

Unsur Ghibli tidak hanya terasa dari segi visual saja, tetapi juga lagu. Joe Hisaishi – sebelumnya sudah beberapa kali mengerjakan lagu animasi Ghibli – telah ditunjuk untuk menyusun soundtrack-nya. Dibawakan oleh Tokyo Philharmonic Orchestra, lagu-lagu yang dibawakannya terdengar fenomenal, senada dengan keindahan visual judul ini. Sebagai tambahan, bagi yang tidak menyukai animasi Jepang dengan dub bahasa Inggris tidak perlu kecewa karena game ini menyediakan fitur dual voice dengan subtitle berbahasa Inggris.

 

Judul ini bagaikan surat cinta Level-5 kepada para penggemar JRPG yang sepertinya akhir-akhir ini telah ditinggalkan oleh kebanyakan developer dan pulisher. Tidak hanya tampil dengan visualisasi yang sangat indah dan menawan, game ini juga memiliki kedalaman gameplay yang sangat memuaskan dan cerita yang pantas untuk diikuti. Diluar presepsi banyak orang yang mengatakan bahwa game ini ‘kurang dewasa’, Ni No Kuni: Wrath of the White Witch merupakan game wajib bagi pemilik PlayStation 3 dan penggemar RPG manapun.

VGI Ratings for Ni no Kuni: Wrath of the White Witch

9.5

GameplayKlasik JRPG yang memiliki kedalaman permainan sangat memuaskan hampir dari segi apapun.

9.5

GraphicKolaborasi bersama Studio Ghibli berhasil menciptakan visual yang indah dan menawan.

9.5

SoundSoundtrack fenomenal ditambah dengan opsi dual voice yang tentunya akan memuaskan para penggemar JRPG.

9.5

LongevityMinimal terdapat lebih dari 40 jam permainan.

9.5Perfection

OVERALL

http://www.dollykidz.com/blog/review-ni-no-kuni-wrath-of-the-white-witch-ps3.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: