Review Ninja Gaiden Sigma 2 Plus

by Andy Chan – VGI
Setelah PlayStation Vita kedatangan Ryu Hayabusa dengan game Ninja Gaiden Sigma Plus, kini Tecmo Koei juga membawa sekuel dari game tersebut, Ninja Gaiden Sigma 2 ke handheld PlayStation Vita dengan judul Ninja Gaiden Sigma 2 Plus.

Ryu Hayabusa, sang ninja tersakti di seluruh dunia.
Satu tahun setelah kejadian di Ninja Gaiden Sigma, klan ninja jahat Black Spider kini telah bekerjasama dengan para fiend untuk mencuri sebuah Demon Statue dari klan Dragon Ninja. Seperti biasa, tugas merebut kembaliDemon Statue tersebut jatuh ke tangan Ryu Hayabusa, sang ninja paling sakti di seluruh dunia. Ryu harus berkeliling dunia untuk merebut kembali Demon Statue tersebut sambil membantai para demon, menghancurkan berbagai landmark terkenal dan sekalian menyelamatkan dunia.

Agen khusus Sonia mencari Ryu Hayabusa.
Ninja Gaiden Sigma 2 Plus merupakan sebuah game action hack and slash dimana kita mengendalikan sang ninja, Ryu Hayabusa. Ryu memiliki berbagai kemampuan untuk membunuh lawannya, mulai dari menggunakan senjata khasnya Dragon Sword untuk menebas lawan, menggunakan berbagai ninpo, dan juga berbagai kemampuan akrobatik untuk bisa mencapai sebuah tujuan.

Berbagai senjata yang bisa didapatkan dan di-upgrade. 
Ada banyak senjata yang disediakan dalam Ninja Gaiden Sigma 2 Plus untuk digunakan oleh Ryu, mulai dariDragon Sword, Lunar Staff, Falcon Talons, Dragon Claw & Tiger’s Fang, Kusari-Gama, Eclipse Scythe, Tonfa, Vigoorian Flails sampai ke Emma’s Fang. Masing-masing senjata dimainkan berbeda dan memiliki jurus sendiri-sendiri.
Selain senjata, Ryu juga bisa memilih berbagai Ninpo sebagai jurus maut untuk mengalahkan lawan. Ada berbagai macam Ninpo yang akan didapatkan oleh Ryu, di antaranya adalah ninpo kenamaan Ryu, Art of Inferno,selain itu ada juga Art of Piercing Void, Art of Flame Phoenix dan Art of Wind Blades.

Momiji bersiap memanah lawan. 
Ryu juga bisa menembak musuh menggunakan busur dan panah, senjata lain ataupun shuriken. Dengan menekan touchpad di belakang, maka Ryu akan masuk ke mode aiming (bisa dimatikan dan menggunakan tombol touchscreen). Ada sedikit glitch pada mode ini, terkadang kita tidak bisa menggerakkan crosshair-nya menggunakan analog kanan, dan harus keluar dulu dan kembali melakukan aiming.
Sepanjang game, selain membantai musuh yang menghalangi jalan, Ryu juga harus mencari jalan untuk sampai ke checkpoint berikutnya. Di sini terkadang kita akan mentok karena ninja sense menunjuk ke sesuatu yang tidak jelas bagaimana caranya bisa sampai ke situ.

Jatuh di sini? Ulang lagi memanjat dari bawah. 
Segmen platforming ini terkadang cukup membuat kesal. Hal ini diakibatkan karena kamera yang kurang bersahabat, sehingga kalau kita melompat tidak pas, kita bisa jatuh ke bawah dan harus mengulang lagi. 
Darah dan memotong-motong tubuh lawan.

Bagi yang kecewa dengan versi PlayStation 3 karena tidak ada darah, kini pada PlayStation Vita, Ryu kembali bisa memotong-motong lawannya lengkap dengan darah bercipratan.


Izuna Drop, teman terbaik kalian dalam bertarung. 

Ninja Gaiden Sigma 2 Plus memang dimainkan dengan cara hack and slash, namun sembarangan membacok lawan akibatnya cukup fatal. Game ini adalah game yang wajib dimainkan secara taktis. Jangan hanya membacok saja, kita juga harus tahu timing untuk menahan serangan, menghindar dan kapan saatnya menyerang. Kalau tidak, bersiaplah sering melihat layar game over.


Ryu bisa membantai lawan yang lebih besar darinya dengan mudah. 

Khusus yang merasa Ninja Gaiden Sigma 2 terlalu sulit, kini Tecmo Koei juga telah menghadirkan mode khusus bernama Hero Mode. Dalam mode ini, kita tidak perlu khawatir sering mati, karena begitu HP Ryu sekarat, dia akan langsung mengaktifkan Hero Mode. Dalam Hero Mode ini, Ryu akan secara otomatis menahan serangan dan melakukan dodge, kekuatan serangan Ryu bertambah, dan kemungkinan memotong tubuh lawan menjadi lebih besar.
Tentu saja, bagi mereka yang ingin main persis seperti versi aslinya juga tetap bisa, karena Hero Mode boleh dibilang adalah sebuah difficulty khusus pemula dan casual yang tidak ingin frustrasi dalam menyelesaikan game ini.


Dalam tag mission, kita bisa melakukan kombo Ninpo. 

Selain Story Mode yang cukup keren, Ninja Gaiden Sigma 2 Plus juga menawarkan beberapa mode baru, yaituNinja Race dimana kita harus secepat mungkin menyelesaikan sebuah stageTag Mission, sebuah misi dimana kita dibantu oleh AI untuk menyelesaikan sebuah stage sambil mengumpulkan score, serta Chapter Challengedimana kita memainkan ulang sebuah chapter dengan tantangan untuk mengumpulkan score sebanyak mungkin.


Ayane juga hadir di game ini. 

Kita juga tidak hanya memainkan Ryu Hayabusa saja, karena ada tiga karakter lain yang bisa kita gunakan, baik distory mode dimana ketiga wanita tersebut, Momiji, Rachel dan Ayane, memiliki kisah masing-masing, ataupun ditag mission.


Rachel dalam sebuah stage khusus. 

Secara grafis, Ninja Gaiden Sigma 2 Plus boleh dibilang agak unik. Ketika suasana sedang damai, maka tampilan para karakter cukup baik dan mendetail, namun begitu musuh ramai dan kita terlibat pertarungan, model karakter langsung mendadak turun kualitas.


Kualitas model kadang menjadi jaggy. 

Selain itu, meskipun di stage awal-awal gameplay cukup baik, begitu kita sudah mencapai stage menjelang akhir dimana musuh akan hadir dengan lebih ganas dan banyak, tidak jarang terjadi slowdown parah yang sangat mengganggu. Hal ini merusak gameplay yang mengandalkan timing dan reaksi, apalagi ketika kita ingin healingjuga terjadi lag input, sangat berbahaya. Hal yang sama terjadi juga di tag mission yang cenderung ramai.


Slowdown cukup parah akan terjadi kalau musuhnya ramai. 

Dari segi suara, Ninja Gaiden Sigma 2 Plus tidak mengecewakan. Game ini dihiasi oleh lagu yang cukup keren,sound effect yang pas, ditambah dengan voice acting yang bisa kita pilih, baik bahasa Inggris maupun bahasa Jepang.
Game ini juga bisa dijadikan teman untuk menghabiskan waktu ketika kita menunggu sesuatu, terutama dengantag mission yang cukup fun tanpa perlu berpikir, tinggal bantai saja semua musuh di layar sambil mengumpulkanscore setinggi-tingginya.

Sebenarnya Ninja Gaiden Sigma 2 Plus cukup keren sebagai sebuah game action di PlayStation Vita. Sayangnya, terjadinya slowdown dan kualitas grafis yang dinamis (kadang bagus kadang jelek) membuatnya menjadi game yang kurang menarik bagi para gamers hardcore.


Ada referensi ke Dead or Alive. 

Namun untuk para casual yang ingin game keren dan tidak keberatan dengan sebuah game dengan judul “Plus”namun memiliki kekurangan tersebut, Ninja Gaiden Sigma 2 Plus boleh dicoba. (ZBT)

VGI RATINGS FOR NINJA GAIDEN SIGMA 2 PLUS

7.5 GameplayHack and slash yang harus dimainkan secara taktis, dengan pilihan difficulty yang sebenarnya baik untuk casual maupun hardcore, namun sayang terganggu dengan slowdown.
6.5 GraphicDinamis, alias terkadang tampil bagus, kadang turun kualitasnya, tergantung ramai atau tidak keadaan di layar.
8.0 SoundLagu dengan sound effect yang tetap keren dengan pilihan voice acting berbahasa Jepang ataupun Inggris.
7.5 LongevitySelain menamatkan story mode di berbagai difficulty, bisa juga dimainkan sebagai penghabis waktu menggunakan tag mission.
7.3Good
OVERALL
Dapatkan NINJA GAIDEN SIGMA 2 PLUS dengan harga spesial di DollyKidz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: